
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Nama : Misbahudin, S.Pd.I, M.Pd
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Songgom
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Tahun Pelajaran : 2023/2024
Pada akhir fase F, peserta didik diharapkan dapat: 1) menyimak huruf-huruf hijaiyahminimal 500 kosakata dan kalimat-kalimat bahasa Arab; 2) mengungkapkan kosakata dan kalimat bahasa Arab; 3) memahami teks-teks dialog/percakapan,cerita narasi, dan deskripsi; dan 4) menyusun karangan yang berisi dialog/percakapan, cerita narasi, dan deskripsi bahasa Arab.
Elemen | Capaian Pembelajaran | Kata Kunci / Frasa | Tujuan Pembelajaran | PerkiraanAlokasi Waktu | Profil Pelajar Pancasila | Glosarium |
Elemen Menyimak (al-Istima’) | Pada akhir fase ini diharapkan peserta didik dapat menyimak huruf-huruf hijaiyah minimal 500 kosakata dan kalimat-kalimat bahasa Arab. | menyimak huruf-huruf hijaiyah minimal 500 kosakata
menyimak huruf-huruf hijaiyah dalam kalimat-kalimat bahasa Arab. |
Peserta didik dapat :
1. menyimak huruf-huruf hijaiyah yang sesuai dengan pelafalannya. 2. membedakan huruf-huruf yang keluar secara tepat (makharij al-huruf) dengan benar dan menirukan huruf-huruf yang didengarnya. 3. menyimak dan menirukan kata-kata (mufradat) dan kalimat (jumlah basithah). 4. Menyampaikan kembali kosakata dan kalimat yang didengar dengan baik dan benar terkait menjawab sapaan, berterima kasih (taqdim al-syukr), meminta izin (isti’zan), meminta maaf (i’tizar), ungkapan perpisahan (wada’an), ungkapan selamat (tahni’ah) mengungkapkan persetujuan (al-muwafaqah), dan teks-teks bahasa arab lainnya |
30JP | Bernalar kritis
Mandiri dan Kreatif
|
· Huruf Hijaiyah adalah….
· Maharijul Huruf adalah |
Elemen Berbicara (al-Kalam) | Pada akhir fase ini diharapkan peserta didik dapat mengungkapkan kosakata
dan kalimat bahasa Arab dengan penguasaan minimal 500 kosakata. |
Mengungkapkan kosakata baru ninimal 500
Mengungkapkan kosakata baru dalam sebuah kalimat |
Peserta didik dapat:
1. Mengungkapkan jawaban atau merespon pertanyaan-pertanyaan terkait menjawab sapaan, berterima kasih (taqdim al-syukr), meminta izin (isti’zan), meminta maaf (i’tizar), dan ungkapan perpisahan (wada’an), ungkapan selamat (tahni’ah) dan mengungkapkan persetujuan (al- muwafaqah) dengan baik, santun, dan sesuai dengan pemahaman lintas budaya (tafahum tsaqafi). 2. Menyampaikan informasi terkait perkenalan diri (ta’aruf), keluarga (usrah), kegiatan sekolah (amaliyyah fi al-madrasah), fasilitas di sekolah (al-marafiq fi al-madrasah), tempat wisata (al-amakin al-nuzhah), dan waktu dalam kegiatan sehari-hari (al-a’mal al-yaumiyyah) secara lisan. 3. Menyampaikan pesan dalam teks secara lisan tentang isi teks narasi (qasasi), deskripsi (washfi), surat (risalah/khitobah), teks prosedural, dan cara membuat sesuatu secara singkat, iklan, dan laporan singkat secara lisan. |
40 JP | Bernalar kritis
Mandiri Kreatif
|
taqdim al-syukr
isti’zan i’tizar |
Elemen Membaca (al-Qira’ah) | Pada akhir fase ini diharapkan peserta didik dapat memahami teks-teks dialog/ percakapan, cerita narasi, dan deskripsi bahasa Arab yang yang menunjukkan peserta didik telah menguasai minimal 500 kosakata. | Memahami teks-teks dialog/percakapan, cerita narasi, dan deskripsi bahasa Arab | Peserta didik dapat:
1. membaca kosakata,kalimat-kalimat dan teks-teks bahasa Arab dengan lancar, cermat, dan tepat sesuai dengan harakat dan tata bahasa (qawaid) yang benar terkait teks perkenalan diri (ta’aruf), keluarga (usrah), kegiatan sekolah (al-amaliyyah fi al-madrasah), fasilitas di sekolah (al-marafiq fi al-madrasah), tempat wisata (al-amakin al-nuzhah), dan waktu dalam kegiatan sehari-hari (al-a’mal al-yaumiyyah). 2. menangkap makna kosakata dan menerjemah kalimat dalam teks bahasa Arab terkait dialog/percakapan (muhawarah/muhadatsah), narasi (qasasi) dan deskripsi (washfi), dan surat (risalah/khitobah). 3. Menganalisis pemahaman lintas budaya (tafahum tsaqafi) yang ada dalam teks-teks bahasa Arab, dari kebiasaan (al-taqalid), adat istiadat (al-adat), lingkungan (al-bi’ah),latar belakang (al-khalfiyyah), agama/keyakinan (al-adyan), karakter (al-sifat), gerak tangan (harakah al-yadi), mimik wajah (surat al-wajh), nada suara (nagham al-shaut), gerak tubuh (harakah al-badan), dan lainnya. |
34JP | Bernalar kritis
Mandiri Kreatif
|
Teks dialog dan narasi |
Elemen Menulis (Al-Kitabah) | Pada akhir fase ini diharapkan peserta didik dapat menyusun karangan yang berisi dialog/percakapan, cerita narasi, dan deskripsi bahasa Arab yang menunjukkan peserta didik telah menguasai minimal 500 kosakata. | Menyusun karangan yang berisi dialog/percakapan, cerita narasi, dan deskripsi bahasa Arab | Peserta didik dapat:
1. menulis huruf hijaiyah, kata dan kalimat bahasa Arab dengan tepat, benar, dan indah (khat). 2. menyusun jawaban dari pertanyaan secara tertulis dalam bahasa Arab dengan baik dan benar. 3. menyusun formulir atau biodata (bayanat syakhsiyyah), karangan secara tertulis dalam bahasa Arab secara sederhana dengan baik dan benar terkait perkenalan diri (ta’aruf), keluarga (usrah), kegiatan sekolah (al-a’mal fi al-madrasah), fasilitas di sekolah (al-marafiq fi al-madrasah), tempat wisata (al-amakin al-nuzhah), dan waktu dalam kegiatan sehari-hari (al-a’mal al-yaumiyyah), baik dengan ragam tulisan narasi maupun deskripsi serta teks prosedur. |
40 JP | · Bernalar kritis
· Mandiri · Kreatif · Inovatif
|
Khat |
Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. terimakasih.