Cara Memperkecil Ukuran Video Pembelajaran dengan Handbrake (Edisi Persiapan PPG 2022)

Era Revolusi industri 4.0 yang menuju ke 5.0 menuntut berbagai bidang untuk mampu dan tanggap beradaptasi. termasuk dalam sektor pendidikan. lembaga pendidikan sebagai sarana untuk transfer of knowledge tentunya harus mampu menangkap dan berkawan mesra dengan kemajuan teknologi dan informasi di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini. internet of tink alias IoT yang menjadi salah satu ciri khas revolusi industri 4.0 ini memainkan peranan yang sangat vital dalam dunia pendidikan saat ini diber bagai belahan dunia. tak terkecuali di Indonesia.

Dalam kegiatan pembelajaran, peran dari teknologi informasi pun tdak dapat terelakan. kegiatan pembelajaran hingga saat ini tidak lepas dari penggunaan berbagai media berbasis teknologi informatika. salah satunya adalah penggunaan video sebagai sarana untuk mempermudah penyajian materi kepada siswa di sekolah. ini tentunya membutuhkan berbagai aplikasi yang dapat mendukung kelancaran proses tersebut.

Handbrake merupakan salah satu tool aplikasi converter video yang sangat menakjubkan. dengan fitur yang menarik dan mudah untuk digunakan. disamping itu juga handbrake dapat berjalan di beberapa platform termasuk windows dan linux. HandBrake memiliki ukuran file yang kecil dan bersifat open source dapat didownload dengan gratis di situsnya www.handbrake.fr. tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk menggunakan aplikasi ini. release terahir handbrake sampai detik ini adalah versi 1.5.1.

Pada kesempatan ini, daku ingin memanfaatkan Handbrake untuk membantu memperkecil video pembelajaran. di era pandemi seperti sekarang ini, berbagai cara digunakan oleh guru utnuk menyediakan materi yang semenarik mungkin agar dapat diterima dengan mudah oleh siswa. termasuk dengan menggunakan video sebagai media pembelajaran. terkadang ketika kita membuat video pembelajaran entah itu dengan shooting langsung atau mengguakan aplikasi bantu seperti camtasia, kazam, voko screen, bandicam atau ocam untuk screen capture and recording, ukuran file yang dihasilkan lumayan besar sehingga akan memakan ruang harddrive kita. atau jika akan kita upload semisal di you tube akan memakan waktu yang lama. HandBrake memberikan solusi yang tepat ,simpel dan mudah digunakan.

Langkah-langkah awal adalah sebagai berikut:

1. Download aplikasi Handbrake di laman www.hanbrake.fr

Klik saja Download.

Klik Download Handbrake 1.51

2. Instal aplikasi tersebut pada laptop kita. untuk pengguna windows. klik saja 2x pada aplikasi yang sudah di download, kemudian klik next,next sampai muncul finish.

untuk pengguna Linux seperti aku ini.¬† silakan buka software manager atau snapstore. selanjutnya ketikan kata “handbrake”. tunggu beberapa menit sampai software manager menampilan aplikasi bernama handbrake.

Klik Handbrake (flathub) , selanjutnya pilih Instal. tunggu sampai proses instalasi selesai.

[the_ad id=”1468″]

Cara menggunakan handBrake untuk mengatur ukuran video pembelajaran kita:

Langkah pertama, jika kita menggunakan windows maka silakan klik start dan pilih all program,arahkan pada aplikasi handbrake biasanya terletak diatas. atau jika kita sudah meletakan ikon handbrake di dekstop komputer kita maka kita tinggal mengklik 2x saja ikon tersebut sehingga jendela handbrake akan tampil. jika kita menggunakan Linux,terutama linux mint maka langkah untuk membukanya adalah klik start, pilih multimedia kemudian klik handbrake. atau klik ikon didekstop sama seperti windows.

Langkah kedua, setelah muncul interface dari handbrake, silakan klik file pilih open source atau langsung klik sub menu open source juga boleh gaes. posisi berada dipojok kiri atas. jika kita menggunakan windows bisa langsung drag and drop video dari windwos explorer kita ke halaman kerja handbrake.

LAngkah ke tiga, cari video pembelajaran yang akan kita perkecil ukurannya. kemudian klik Open di pojok kanan atas.

pada gambar diatas, aku akan memperkecil ukuran video “Teknis Pelatihan Membuat Video Animasi Pembelajaran dengan Doratoon” dengan format Mp4 dan berukuran 140.8 Mb. selanjutnya akan muncul tampilan video di dalam lembar kerja handbrake.

Langkah ke empat, klik start

Proses akan berjalan, selama proses berjalan maka tombol start akan berubah menjadi warna merah dengan tulisan stop. dibagian bawah akan tertulis encoding dengan prosentase yang bergerak sampai proses converter selesai. dipojok kanan bawah ada menu To, yang digunakan untuk menentukan ahir penyimpanan video yang telah kita perkecil ukurannya. defaultnya akan tersimpan di folder video baik di linux mau pun di windows. kita dapat merubahnya ditempat yang kita inginkan.

Langkah ke lima, silakan buka folder video dan lihat ukuran filenya sekarang. ukuran file video semula 140,8 Mb sekarang menjadi 39,7 Mb. jadi berkurang lumayan banyak dan tidak mempengaruhi kulaitas video.

Kelebihan dan kekurangan HandBrake: Open Source Video Transcoder

Kelebihan aplikasi HandBrake :

1. Ukuran file kecil dan mudah digunakan untuk newbe sekali pun

2. Open source,alias General Public Licensi sehingga dapat digunakan secara bebas

3. lintas platform, alias dapat berjalan diberbagai sistem operasi termasuk WIndows dan Linux.

Kekurangan aplikasi HandBrake:

1. Untuk file yang terlalu besar prosesnya lumayan lama.

2. Dalam beebrapa kasus, terutama untuk video yang berukuran kecil ketika diperkecil lagi, ukurannya malah membesar.