
Salah satu aplikasi meeting yang saat ini banyak digunakan adalah google meet, aplikasi besutan google ini menawarkan banyak fitur yang dapat digunakan dengan mudah untuk pertemuan online, rapat atau kegiatan belajar mengajar daring. google meet tersedia dalam dua versi, versi gratis dengan fitur terbatas dan versi berbayar dengan fitur yang lengkap. di masa pandemi seperti sekarang ini, google memberikan layanan yang luar biasa untuk pendidikan.
Bagi pengguna awam, mungkin agak kesulitan dalam menggunakan google meet untuk kegiatan pertemuan atau pembelajaran. pada tutorial yang sangat sederhana ini, penulis menyajikan beberapa langkah sederhana untuk menampilkan presentasi dengan menggunakan google meeting, sebagai berikut:
1. Pastikan koneksi internet kita berjalan dengan normal, agar proses presentasi lancar dan tidak tersendat-sendat
2. Buka browser dan ketikan google meet pada addres bar , maka akan tampil sebagai berikut:
ada dua versi pada workspace.google/meet merupakan versi berbayar dari google, sedangkan yang meet.google.com adalah versi gratis. silakan pilih yang kedua untuk mendapatkan layanan meeting gratis.
3. Klik Rapat baru/ new meeting
ada tiga pilihan :
- dapatkan link rapat untuk dibagikan
- mulai rapat instan
- Jadwalkan di google calender
silakan pilih opsi mulai rapat instan
4. Pilih Gabung sekarang
dihalaman ini, kita juga dapat mengaktifkan menonaktifkan camera dan audio, klik saja pada ikon dibawah gambar
5. Setelah klik gabung sekarang, akan muncul tampilan sebagai berikut :
silakan salin kode akses untuk mengirimkan kode meeting ke calon peserta atau klik tambahkan orang untuk mengundang peserta baru.
6. di pojok kanan bawah , klik pilihan presentasi sekarang
pilih jendela untuk membuka file yang akan kita presentasikan
7. pilih file yang hendak dipresentasikan kemudian klik share
8. Sekarang anda sedang presentasi
9. Untuk mengakhiri rapat, silakan klik stop sharing dibawah
Nah kira-kira begitulah ceritanya, semoga bermanfaat dan dapat membatu kita yang sedang asyik-asyiknya mengadakan pertemuan online.