Cara setting keyboard arab dkk di Linux Mint

Hallo Gaes selamat malam…

Lama tak jumpa dan tak ketak-ketik di gubuk derita ini. efek pandemi malah sibuk nyari cuan lain yah gaes. semoga teman-teman semuanya dalam keadaan sehat-sehat dan bahagia selalu. perjumpaan kali ini daku ingin menulis tentang tutorial sederhana seputar linux Mint, khususnya terkait dengan seting men setting keyboard arab dan kawan-kawan. bagi pengajar bahasa arab seperti aku ini keyboard arab tentunya sangat penting sekali yah gaes. begitu pun mungkin bagi teman-teman yang sama-sama mengajar bahasa asing lainnya seperti mandarin, jepang, india dan lain sebagainya.

di Linux mint mngkin agak sedikit berbeda dengan distro lainnya dalam menambahkan keyboard. seperti halnya yang pernah aku alami saat mensetting di BlankOn Manokwari. sedangkan di distro yang lainnya biasanya hanya cukup masuk ke setting pilih keyboard langsung selesai otomatis muncul di panel bawah atau atas. sementara di Mint harus mengklik kanan panel dan menambahkannya. untuk lebih jelas silakan simak tutorial yang nyelekaming berikut ini.

Pertama, silakan klik strat mint di pojok kiri bawah

Kedua, pilih menu Settings, klik aja gak usah malu-malu, selanjutnya pilih Keyboard

Ketiga, akan tampil halaman keyboard, yang mengandung atau memeteng tiga menu utama yaitu: Behavior, Aplication Shortcut dan Layout. 

Keempat, pilih menu Layout, akan tampil halaman layout. selanjutnya klik add untuk menambahkan bahasa

Kelima, pada keyboard layout selection silakan pilih Arabic dan klik Arabic (Qwerty/digit) atau Arabic (QWERTY). selanjutnya akan muncul penampakan seperti ini.

Keenam, silakan klik close. jika ingin menambahkan bahasa lainnya silakan klik add saja dan ikuti langkah seperti diatas gaes. sekali lagi tidak usah malu-malu atau ragu-ragu, gas saja.

Setelah langkah ke enam ini, untuk distro lainya sudah cukup, settingan keybord akan otomatis muncul di panel atas/bawah. tergantung distro yang dipakai, dan khusus untuk distro yang kaya Linux Mint ini untuk mempermudah menggunakan keyboard arab yang sudah kita setting silakan ikuti langkah-langkah berikutnya.

Ketujuh, klik kanan pada pojok kanan, pilih panel dan plih add new item

Ke delapan,pada halaman add new item, silakan pilih Keyboard layouts , klik add

Kesembilan, klik close untuk mengakhiri proses

selanjutnya diojok kanan bawah akan muncul logo bendera amerika sebagai tanda bahwa setting keyboard kita sudah berhasil.

Klik saja bendera amerika maka akan muncul keyboard-keyboard lainnya. nah demikianlah tutorial yang sangat sederhana ini semoga saja bermanfaat bagi kawan-kawan yang membutuhkannya.salam hangat dariku sang pecinta linux sejati asal Winduaji Paguyangan Brebes.