Dampak Covid-19 terhadap Pendidikan

Semenjak maret sampai hari ini, covid-19 masih menjadi momok yang menghantui hari-hari kita. hampir semua negera di dunia ini sibuk dengan satu mahluk Tuhan ini. berbagai eksperimen, penelitian dilakukan untuk menguak dan menaklukan si mahluk asing ini. bukan hanya masalah kesehatan, covid-19 berdampak di segala bidang, segala aktivitas yang berpotensi menjadi penyebaran covid-19 harus dihentikan.

Salah satu bidang yang terdampak covid-19 adalah pendidikan. dalam catatanku, covid-19 mulai mewabah di Indonesia pada bulan maret, waktu itu menjelang UNBK tingkat menengah atas. wal hasil UNBK ditiadakan, siswa dirumahkan untuk sementara waktu. sistem belajar dirubah dari offline menjadi online. dari yang tadinya tatap muka langsung (face to face) dirubah menjadi pembelajaran jarak jauh. tentunya ini bukan hal mudah, membuat sebuah kebiasaan baru, butuh proses.

Pertama, Orang bijak bilang, selalu ada hikmah dibalik musibah, dalam beberapa bulan terahir, ada dampak positif mewabahnya covid 19 terhadap dunia pendidikan. dalam catatan penulis setidaknya ada beberapa dampak positif akibat covid 19 dalam dunia pendidikan.

Menjaga kebersihan.

Kebersihan adalah sebagian dari Iman, demikan agama kita mengajarkan. meski pun implementasinya terkadang jauh panggang dari api. kata orang jepang level kita masih learn to know, belum sampai pada level learn to do. kita semua tahu bahwa kebersihan itu penting, akan tetapi mempraktikan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sangat susah. contoh sepele, masalah sampah, membuang sampah saja masih belum bisa, terkadang harus dibuat tulisan besar atau semacam poster “buanglah sampah pada tempatnya”. padahal kita semua tahu bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. kita semua tahu bahwa bersih itu indah, nyaman dan sehat.

Sekolahku yang menyandang sebagai sekolah adwiyata, oh ternyata berat. kita belum terbiasa membuang sampah pada tempat. kita belum terbiasa hidup bersih, nyatanya masih ada sampah bekas makanan, bekas minuman yang tergeletak bukan pada tempatnya. bukan hanya siswa, guru pun tak jarang melakukan ini. Lab.TIK , ruang guru yang seharusnya bersih nyaman dan fresh, terkadang harus terlihat kumuh dan tak elok dipandang akibat ketidakbersihan.

Allah, kirimkan corona, setidaknya menyadarkan kita bahwa menjaga kebersihan itu penting. menjaga kebersihan harus menjadi budaya kita sehari-hari. suasana yang bersih menjadikan belajar kita nyaman. hampir semua sekolah sekarang menyediakan sarana-sarana kebersihan seperti tempat cuci tangan, sabun dan hand sanitizer. ini adalah dampak positif. jika ini menjadi kebiasaan sehari-hari kita kedepannya maka Indonesia akan menjadi bangsa yang bersih secara jasmaniah.

Sementara pendidikan karakter yang sedang kita galakan saat ini, dapat menjadi penyeimbang kebersihan rohani kita, dengan kebersihan rohani yang baik, akan melahirkan kebersihan jasmani pula. kesadaran yang tertanam dalam jiwa kita akan kebersihan maka akan mempengaruhi fisik dan jasmani kita. jika selama ini kita masih sebatas teori dalam menjaga kebersihan, maka momontum ini bisa kita jadikan untuk aksi dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya lingkungan sekolah kita.

Menjaga kesehatan

Pemandangan lain yang saat ini sering terlihat di sekolah adalah seringnya diadakan acara senam bersama. Biasanya kegiatan olahraga seperti senam aerobik hanya dilakukan oleh guru olah raga pada jam-jam pelajaran PJOK. atau kalau pun dilakukan diluar itu biasanya hanya pada saat-saat tertentu saja. efek posisitf dari covid 19 menjadikan dunia pendidikan kita rajin berolah raga, menjaga kebugaran dan kesehatan jasmani kita. ini sangat luar biasa. membiasakan hidup sehat di lingkungan pendidikan sangat berpengaruh terhadap kehidupan diluar pendidikan. ini hanya salah satu contoh sederhana.

Para siswa yang terbiasa dididik dengan kebersihan dan kesehatan, akan berpotensi menjadi hal dan kebiasaan positif kedepannya. bukan hanya di sekolah, ditempat lain termasuk nanti dalam dunia kerja, kebisaaan menjaga kesehatan akan menjadi bagian penting dalam hidupnya. maka ini adalah saat yang tepat untuk para guru memberikan teladan hidup sehat kepada siswa-siswanya.

Mengkonsumsi makanan-makanan sehat menjadi kebiasaan baru yang lebih baik dari sebelumnya, kantin-kantin sekolah dianjurkan untuk menyediakan makanan-makanan sehat seperti buah-buahan dan lain sebagainya, menghindari makanan siap saji. kebiasaan sehat lainnya yang saat ini banyak digalakan adalah mengkonsumsi vitamin, terutama vitamin C. untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Belajar teknologi

salah satu dampak positif covid-19 dalam dunia pendidikan adalah semua insan pendidikan berlomba-lomba belajar teknologi, dari mulai yang sederhana seperti power point sampai kepada yang komplek  seperti membuat video animasi pembelajaran dan lain sebagainya.

Sistem pembalajaran online yang melibatkan internet sebagai media penting, tentunya memaksa semua insan pendidikan baik guru mau pun siswa untuk lebih dekat dengan dunia teknologi informasi. hal ini karena IT merupakan komponen penting dalam sistem pembelajaran online. Para Guru yang tadinya acuh tak acuh terhadap perkembangan teknologi informasi mendadak menjadi agresif dalam mencari tahu tentang teknologi dalam dunia pendidikan.

Layanan pembelajaran online seperti Google classroom, microsoft office 365, edmodo, ruang belajar dan lain sebagainya menjadi sangat marak digunakan oleh guru. yang sebelumnya ini sangat jarang digunakan. mau tidak mau guru dipaksa untuk belajar teknologi untuk keberhasilan pembelajaran online.

Lebih kreatif

Sistem pembelajaran online berbeda dengan offline. hal ini menuntut banyak kreatfitas guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar  dengan siswa. guru dituntut untuk mencari dan menerapkan sistem pembelajaran yang efektif dan efesien agar materi tersampaikan dan mudah difahami oleh siswa. tentunya ini membutuhkan kreatifitas guru. kondisi siswa yang beraneka ragam harus menjadi perhatian penting guru dan lembaga pendidikan dalam menerpkan sistem pembelajaran online.

Kreatifitas guru dan lembaga pendidikan di era pandemi covid-19 sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran siswa. oleh karena itu sekolah harus mampu mendorong guru untuk melakukan inovasi dan modifikasi guna tercapai kesuksesan pembelajaran. ini tentunya menuntut kreatfitas masing-masing guru. bagaimana menciptakan sebuah pembelajaran yang menyenangkan tentunya bergantung kepada kreatifitas guru dan lembaga pendidikan.

Kedua, Selain dampak posotif, covid-19 juga berdampak negatif dalam dunia pendidikan. kondisi ekonomi yang lesu akibat covid 19 berdampak pula terhadap pendidikan. tak jarang di media masa diberitakan efek-efek negatif dalam dunia pendidikan akibat covid 19.

Bagaimana dampak negatifnya?? simak terus artikel sederhana ini….