Keterampilan Abad 21

Fenomena lain abad 21 adalah adanya pergeseran kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menggeser SDM berketerampilan tingkat rendah (pekerjaan tangan) dengan pekerjaan SDM berdaya kreatifitas tinggi. Kreatifitas adalah satusatunya kemungkinan bagi negara berkembang untuk tumbuh sehingga Saudara selaku guru pembelajaran abad 21 perlu mengorientasikan pembelajaran untuk menghasilkan peserta didik yang berdaya kreatifitas tinggi (Pujiriyanto, Modul 2).

Ada pun keterampilan abad 21 antara lain:

  1. Berpikir kritis dan penyelesaian masalah (critical thinking and problem solving).
  2. Kreatifitas dan inovasi (creativity and innovation).
  3. Pemahaman lintas budaya (cross-cultural understanding).
  4. Komunikasi, literasi informasi dan media (media literacy, information, and communication skill).
  5. Komputer dan literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (computing and ICT literacy)
  6. Karir dan kehidupan (life and career skill)

Keenam jenis keterampilan tersebut perlu dijadikan orientasi pembelajaran abad 21.