KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA ARAB KELAS XI

KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

  1. KOMPETENSI INTI
  2. Kompetensi ini (KI 1):

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

  1. Kompetensi ini (KI 2):

Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,peduli, santun,ramah lingkungan, gotong royong,kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

  1. Kompetensi ini (KI 3):

Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

  1. Kompetensi ini (KI 4):

Mengolah,menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

  1. KOMPETENSI DASAR

SEMESTER GANJIL

الدرس الاول : الحياة فى الاسرة (Kehidupan Keluarga)

Kompetensi Dasar (Pengetahuan)

Kompetensi Dasar (Keterampilan)

3.1 Mengemukakan tindak tutur untuk meminta perhatian (Mulahadzat), mengecek pemahaman (Al-Istiab), menghargai kinerja yang baik, meminta dan mengunkapkan pendapat (ta’dim al-ara) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpesrsonal lisan dan tulis sesuai dengan konteks penggunanya. 4.1 Menggunakan teks sederhana berisi meminta perhatian (Mulahadzat), mengecek pemahaman (Al-Istiab), menghargai kinerja yang baik, meminta dan mengunkapkan pendapat (ta’dim al-ara) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpesrsonal lisan dan tulis sesuai dengan konteks penggunanya.
3.2 Mendemonstrasikan tindak tutur tentang kemampuan (al-kafaah) dan kemauan (al-iradah) melakukan suatu tindakan  (al-a’mal) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpesrsonal lisan dan tulis sesuai dengan konteks penggunanya. 4.2 Menggunakan teks sederhana berisi tindak tutur tentang kemampuan (al-kafaah) dan kemauan (al-iradah) melakukan suatu tindakan  (al-a’mal) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpesrsonal lisan dan tulis sesuai dengan konteks penggunanya.

الدرس الثانى: الحياة الاجتماعية (Kehidupan Sosial)

Kompetensi Dasar (Pengetahuan)

Kompetensi Dasar (Keterampilan)

3.3 Membedakan ungkapan minta ijin (isti’dan), menyuruh (al-amr), dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sesuai dengan konteks penggunanya. 4.3 Menggunakan teks sederhana berisi ungkapan tindakan minta ijin (isti’dan), menyuruh (al-amr), dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasana yang benar dan sesuai konteks.
3.4 Menentukan ucapan selamat (Tahni’ah) dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis  sesuai dengan konteks penggunanya. 4.4 Menggunakan teks sederhana berisi ucapan selamat (Tahni’ah) dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

الدرس الثالث: قضاء وقت الفراغ (Mengisi waktu luang)

Kompetensi Dasar (Pengetahuan)

Kompetensi Dasar (Keterampilan)

3.5 Mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan /terjadi diwaktu lampau (al-madli) dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis  sesuai dengan konteks penggunanya. 4.5 Menggunakan teks sederhana berisi tindakan/kejadian yang dilakukan /terjadi diwaktu lampau (al-madli) dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

الدرس الرابع : الحياة اليومية (Kehidupan sehari-hari )

Kompetensi Dasar (Pengetahuan)

Kompetensi Dasar (Keterampilan)

3.6  Mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi (fi’il Mudhari) dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis  sesuai dengan konteks penggunanya. 4.6 Menggunakan teks sederhana berisi tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi (fi’il Mudhari) dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

 

SEMESTER GENAP

الدرس االاول : المعاملة مع الاصدقاء (Pergaulan dengan teman-teman)

Kompetensi Dasar (Pengetahuan)

Kompetensi Dasar (Keterampilan)

3.7 Mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah (muqoronah al-adad) dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis  sesuai dengan konteks penggunanya. 4.7 Menggunakan teks sederhana berisi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan perbandingan jumlah (muqoronah al-adad) dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.8 Mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan deskripsi benda (sifat al-maddah) secara sederhana  dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis  sesuai dengan konteks penggunanya. 4.8 Memproduksi teks sederhana berisi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi benda (sifat al-maddah) secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

الدرس الثاني: المعاملة الحسنة (Pergaulan sehat)

Kompetensi Dasar (Pengetahuan)

Kompetensi Dasar (Keterampilan)

3.9 Menunjukan ungkapan berisi pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (al-akhbar aw al-ma’lumat) dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, dengan memperhatikan fungsi social,struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks khusus sesuai dengan konteks penggunanya. 4.9 Menjelaskan pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan lisan dan tulisan secara sederhana tentang kegiatan sekolah dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasana yang benar dan sesuai konteks.

الدرس الثالث : الشعر (Syair)

Kompetensi Dasar (Pengetahuan)

Kompetensi Dasar (Keterampilan)

3.10 menyatakan kembali syair atau lagu bahasa arab sangat singkat dan sederhana dengan memahami fungsi social dan unsur kebahasaan. 4.10 menjelaskan syair atau lagu arab sangat sederha dengan memperhatikan fungsi social dan unsur kebahasaan.

 

Mengetahui                                                                            Songgom, 3  Juli 2023

Kepala SMKN 1 Songgom,                                                  Guru Mata Pelajaran,

 

 

DJUMIKO, S.Pd.M.Si.                                                   Misbahudin, S.Pd.I.

NIP. NIP. 19791211 200701 1 005                             NIP. 198412162022211009