Media Pembelajaran Bahasa Arab di tengah pandemi Covid-19 (1)

Pengertian media pembelajaran 

Media pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar. media pembelajaran menjadi saran agar materi pelajaran dapat diterima dan difahami dengan mudah. Media belajar diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (massage), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar. Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. (Pustekom Depdikbud).

Para ahli mendefinisikan media pembelajaran sesuai dengan lingkup kajiannya masing-masing.

Menurut Ibrahim dkk. (2004), media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan pebelajar (siswa) dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Contoh: gambar, bagan, model, film, video, komputer, dan sebagainya. Miarso (1984) mengemukakan bahwa media belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa.

Fungsi dan Peran media pembelajaran 

Media pembelajaran mempunyai fungsi dan peran yang sangat vital bagi kelangsungan kegiatan belajar mengajar. Ibrahim, dkk (2004) menjelaskan fungsi media pembelajaran ditinjau dari dua hal, yaitu: proses pembelajaran sebagai proses komunikasi dan kegiatan interaksi antara siswa dan lingkungannya. Ditinjau dari proses pembelajaran sebagai proses komunikasi, maka fungsi media adalah sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) ke penerima (siswa). Ditinjau dari proses pembelajaran sebagai kegiatan interaksi antara siswa dan lingkungannya,maka fungsi dapat diketahui berdasarkan adanya kelebihan media dan hambatan komunikasi yang mungkin timbul dalam proses pembelajaran.

Secara garis besarnya fungsi media pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

1. Membantu guru dalam bidang tugasnya

2. Membantu para pembelajar

3. Memperbaiki pembelajaran (proses belajar mengajar)

 

Macam-macam media pembelajaran 

Secara umum media pembelajaran dapat dibedakan menjadi tiga kelompok besar sebagai berikut:

1. Audio

Media pembelajaran audio adalah jenis media pembelajaran yang hanya dapat dinikmati dengan indra pendengar saja. misalnya dalam pembelajaran kemahiran mendengar (istima’), media jenis ini banyak dimanfaatkan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran bahasa arab.

Perkembangan media pembelajaran berbasis audio sangat signifikan, dulu untuk materi istima, menggunakan media kaset pita, kemudian diganti dengan kepingan CD (Compac disk) atau DVD. seiring perkembangan waktu kemudian, media audio semakin praktis dengan menggunakan media penimpanan memori card atau mikro SD dan flashdisk.

2. Visual

Media visual merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang hanya dapat dinikmati secara visual saja (penglihatan saja).

3. Audio Visual

Sedangkan media pembelajaran audio visual merupakan media pembelajaran yang dapat dinikmati dengan menggunakan indra pendengaran dan penglihatan, dengan kata lain media auido visual dapat ditangkap dengan mata dan telinga.

to be continue.