Mengenal Istilah-istilah dalam GNU/Linux (Part 3)

Berbicara tentang GNU/Linux seperti tidak ada habisnya, banyak hal yang membuat linux tampil menarik dan userfriendly. GNU/Linux bukan hanya sekedar sistem operasi komputer, lebih dari itu GNU/Linux mengajarkan kita banyak hal. termasuk kebersamaan dan kemanusiaan. kebersamaan, GNU/Linux dibangun diatas fondasi kebersamaan, saling bahu membahu membangun sebuah sistem operasi dan aplikasi yang tangguh dan menawan. Kemanusiaan, dimana GNU/Linux bertujuan menciptakan sebuah perangkat yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Untuk lebih akrab, sepertinya kita perlu mengenal beberapa istilah yang terkait dengan GNU/Linux, sebagai berikut:

  • Distro Linux,kepanjangan dari distribusi linux. sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut varian sistem operasi linux yang dibundel langsung dengan beberapa aplikasi sekaligus, sehingga memudahkan pengguna untuk menikati linux sekaligus aplikasi yang ada di dalamnya.
  • Kernel Linux, adalah sebuah perangkat lunak yang menjadi bagian penting dari sistem operasi Linux dengan tugas utama melayani semua program aplikasi untuk dapat berkenalan dengan semua perangkat keras komputer. ada beberapa desain kernel, seperti kernel monolitik, mikrokernel, kernel hibrida dan exokernel.
  • Terminal, adalah tool atau alat berbasis teks (Command line interface) yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan komputer. di Windows kita mengenalnya dengan istilah Command prompt. biasanya indentik dengan warna hitam.¬†
  • Dekstop Linux, Desktop environment adalah sebuah tampilan antar muka berbasis grapik yang terdapat pada sistem operasi GNU/Linux, bisa dibilang kalau Desktop environment ini pengganti dari antarmuka baris perintah atau biasa disebut dengan CLI (Command Line Interface). ada banyak dekstop environment yang ditawarkan dalam setiap distro Linux seperti GNOME,KDE,LXDE,XFCE, Cinnamon, Mate dan lain sebagainya.
  • Bersambung dulu yah….ngantuk