a. Pengertian sekolah
Talcott Parsons menyebutkan sekolah sebagai sistem, yang didalamnya terdiri atas berbagai sub sistem. Sub sistem yang ada dalam sekolah berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Interaksi di sekolah berlangsung dalam empat kategori. Keempat kategori itu meliputi pimpinan sekolah, guru, pelajar,dan karyawan non guru. sekolah merupakan suatu sistem sosial yang didalamnya terdapat seperangkat hubungan yang mapan, yang menentukan apa yang terjadi di sekolah.
Gorton, mengemukakan bahwa sekolah adalah suatu sistem organisasi, dimana terdapat sejumlah orang yang bekerjasama dalam rangka mencapai tujuan sekolah, sekolah merupakan satuan pendidikan yang memiliki fungsi mendasar, yaitu sebagai wahana atau tempat berlangsungnya proses pembelajaran, proses penanaman dan pengembangan potensi-potensi individu manusia, sehingga akan membentuk insan manusia yang mulia.
Wahjosumidjo mengemukakan bahwa Sekolah adalah lembaga yang bersifat kompleks dan unik. Bersifat kompleks, menunjukkan bahwa sekolah sebagai suatu sistem sosial di dalamnya terdapat berbagai dimensi yang saling berkaitan satu sama lain.
Sedangkan bersifat unik, menunjukkan bahwa sekolah merupakan suatu organisasi memiliki yang ciri-ciri tertentu dan tidak dimiliki oleh organisasi-organisasi lain, seperti tempat terjadinya proses pembelajaran dan pembudayaan kehidupan manusia. Dengan demikian, sekolah adalah suatu sistem organisasi pendidikan formal yang membutuhkan pengelolaan dalam menjalankan fungsi dasarnya yaitu sebagai tempat berlangsungnya proses pembelajaran, proses penanaman dan pengembangan potensi individu manusia, yang diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat, dan dapat memberikan kontribusi yang kuat terhadap pembangunan bangsa.
b. Fungsi Sekolah
Fungsi sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan menurut Zaetun adalah sebagai berikut:
- Mengembangkan kecerdasan pikiran dan memberikan pengetahuan, di samping bertugas untuk mengembangkan pribadi anak didik secara menyeluruh, fungsi sekolah yang lebih penting sebenarnya adalah menyampaikan pengetahuan dan melaksanakan pendidikan kecerdasan. Fungsi sekolah dalam pendidikan intelektual dapat disamakan dengan fungsi keluarga dalam pendidikan moral.
- Spesialisasi, sebagai konsekuensi makin meningkatnya kemajuan masyarakat makin bertambah diferensiasi sosial yang melaksanakan tugas tersebut. Sekolah mempunyai fungsi; sebagai lembaga sosial yang spesialisasinya dalam bidang pendidikan dan pengajaran.
- Efisiensi, terdapatnya sekolah sebagai lembaga sosial yang berspesialisasi di bidang pendidikan dan pengajaran, maka pelaksanaan pendidikan dan pengajaran dalam masyarakat menjadi lebih efisien, sebab apabila tidak ada sekolah dan pekerjaan mendidik hanya harus dipikul oleh keluarga, maka hal ini tidak akan efisien, karena orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaannya.