Tentang sebuah keyakinan kelas

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan materi dalam pendidikan calon guru penggerak tentang keyakinan kelas. Setelah saya membaca lama, sebenarnya ini bukan materi baru, materi lama yang dikemas dengan nama baru “keyakinan kelas”. Didalamnya membahas tentang kebajikan universal, sebuah tindakan positif yang akui oleh khalayak global, artinya nilai-nilai tersebut berlaku untuk umum dimana pun kita berada.

Yang menarik ketika kita cermati lebih dalam sebenarnya secara substansial ini sudah ada sejak lama, hanya saja ketika dibungkus dengan wadah baru, nama baru, ini kemudian menjadi sesuatu yang sepertinya beda. Meski pun hakikatnya adalah sama. Ternyata bagaimana kita mengemas maka disitulah akan lahir nilai jual baru. Yang bisa jadi terkadang membuat orang berkata ” oalah ternyata itu toh” atau dari sudut pandang lain membuat kita menjadi tahu akan hal tersebut yang sebenarnya sudah ada sejak nenek moyang kita.

Dalam sudut pandang saya, ini adalah strategi yang luar biasa. Bukan hanya tentang isinya tetapi juga, bagaimana cara mengemas yang sangat luar biasa. Dalam dunia marketing ini bisa disebuat  sebagai “new startegic for sale” barang lama yang dijual Dengan kemasan baru yang lebih menarik.

Yoi Bro, welcome back.

Tadi ketika sedang jalan menuju ke sekolah sebuah truk dengan tulisan be better is fun, saya tidak tahu itu artinya apa, hanya menarik saja. Seperti sebuah keyakinan kelas atau kebijakan universal sebagai sesuatu yang menarik dan membuatku harus berfikir.

Sebuah ide terkadang hadir begitu saja, tak disangka-sangka. Seperti sebuah kejutan saja, keajaiban. Mungkin anda akan merasa pusing ketika membaca penutup Tulisan ini. Ya itu lah hidup terkadang begitu.